Pusat Studi Lingkungan & Kependudukan
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Studi Lingkungan & Kependudukan
Universitas Muhammadiyah Malang

Profil

Profil Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK)

 

Universitas Muhammadiyah  Malang (UMM), merupakan salah satu badan amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan tinggi. Berdiri sejak  1964, memiliki  visi menjadi The Real University dengan membangun wacana keilmuan dan keislaman, yaitu universitas yang betul-betul dapat membentuk masyarakat ilmiah (Scientific community) dengan intensitas kegiatan pengajaran dan riset  serta pengabdian kepada masyarakat  yang tinggi dan tak kenal  henti. Berbagai cara telah dan akan terus dilakukan  UMM.

 

Merujuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian yang sangat strategis perannya di era kompetisi tinggi (Hyper competitive) ini. Perguruan tinggi  sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi harus mampu mengembangkan atmosfir akademik berbasis Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam rangka mewujudkan visi dan misi tersebut maka dibentuklah lembaga-lembaga, unit-unit dan pusat studi.

        Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan merupakan salah satu pusat studi di Universitas Muhammadiyah Malang yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan kependudukan. Aktivitas pusat studi ini telah dimulai sejak awal tahun 2004. dengan mempertimbangkan kegiatan yang telah dilakukan, maka Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan ditetapkan secara resmi oleh Rektor dengan Surat Keputusan No. 21/ SK-Pem/ XII/ 2005 pada tanggal 14 Desember 2005. Struktur kelembagaan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan langsung di bawah Rektor melalui Asisten Rektor Bidang Pengembangan Akademik.

 

       Dengan motto: Menguji yang sangsi, menerapkan yang teruji untuk  menjaga alam bagi kehidupan berkelanjutan; Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan Universitas Muhammadiyah Malang (PSLK UMM) mengembangkan kegiatan penelitian untuk mengkaji berbagai permasalahan lingkungan hidup, menyebarluaskan pada masyarakat luas sebagai wujud amanah di bidang pendidikan dan menerapkannya pada kehidupan nyata. Sehingga PSLK UMM terus berusaha melakukan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi secara integratif, sehingga hasil kajian PSLK UMM maupun kajian pihak-pihak kelimuan yang telah teruji tidak hanya berhenti dalam tataran wacana.

 
Shared: