Pusat Studi Lingkungan & Kependudukan
Universitas Muhammadiyah Malang
Pusat Studi Lingkungan & Kependudukan
Universitas Muhammadiyah Malang

Ketertarikan Mahasiswa Australia Terhadap Konservasi Hutan Jawa

Author : Administrator | Selasa, 27 Desember 2011 11:33 WIB
Berita UMM


Konservasi hutan jawa yang baru saja diperkenalkan ke masyarakat UMM oleh Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) kini semakin dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya mendapat  kunjungan dari siswa-siswi taman kanak-kanak beberapa waktu lalu, kini konservasi yang dikelola langsung oleh PSLK kembali mendapat kunjungan dari mahasiswa Australia yang bergabung dalam program ACICIS, pada hari senin 12 Desember 2011.

Kunjungan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini telah memperkenalkan kepada mahasiswa-mahasiswi asing ini tentang pelestarian lingkungan yang berbasis kearifan lokal Jawa. Konservasi hutan Jawa pun menjadi sarana edukasi terhadap mahasiswa tentang pelestarian lingkungan yang benar dan tepat sasaran. Seperti yang diutarakan oleh Habib selaku dosen pendamping mahasiswa asing, “semoga dengan kunjungan ini mereka ini bisa menjadi komunikator yang baik dalam hal pelestarian lingkungan yang benar kepada masyarakat dilingkungan masing-masing”.

Tidak  hanya itu, dalam kunjungan tersebut dilakukan pelepasan burung oleh mahasiswa asing sebagai bentuk kepedulian mereka akan habitat hewan-hewan yang mulai terancam keberadaannya. Beberapa spesis burung seperti:  merpati, kutilang, cucak dan prenjak dapat langsung beradaptasi dengan cepat dan tidak stres. “Mereka langsung jinak dan tidak takut dengan manusia, biasanya juga kalau langsung dilepas burung-burungnya bisa stress,” ujar Sobirin sebagai salah satu mahasiswa yang turut mengelola konservasi.

                Benjamin Bilson, salah satu mahasiswa Australia sangat terkesan dengan konservasi yang dimiliki UMM ini. “Saya merasa senang berada disini, tempatnya sangat baik dan dapat menghilangkan stres,” ujarnya. Benjamin sangat  berterimakasih kepada Habib yang telah memperkenalkan dia dan teman-temannya kepada konservasi hutan Jawa. Bentuk kepedulian mahsiswa asing ini dapat menjadi contoh bagi mahasiswa UMM lainnnya agar lebih peduli dengan lingkungan sekitar.  (db/jo/mza/ikom/PR/2008)

 

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image